Selasa, 20 September 2016

Penggunaan braket / behel pada perawatan ortodontik

Kawat gigi atau braket atau behel merupakan sebuah alat. Alat yang di gunakan untuk merawat kasus-kasus malrelasi dan malposisi gigi geligi. Perawatan behel atau kawat gigi membutuhkan ilmu yang mendalam. Behel atau bracket yang digunakan untuk menggerakkan gigi bisa diumpakan sebagai obat yang memiliki dosis, setiap penyakit membutuhkan obat tersendiri dengan dosis tertentu. Jadi penggunaan behel atau bracket orto harus dengan spesifikasi yang sesuai dengan kasus, sangat tidak disarankan untuk mengunakan braket atau behel orto secara sembarangan.

 Penegakkan diagnosis dalam kasus ortodontik sangatlah penting, sama halnya seperti orang yang sakit perut apakah akan langsung minum obat maag tanpa mengetahui sedang sakit apa. Diagnosis dalam perawatan kawat gigi digunakan untuk menentukan rencana perawatan, estimasi lama perawatan, dan prognosis perawatan. Prognosis perawatan adalah tingkat keberhasilan perawatan, apakah kasus yang ditangani memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, sedang ataupun rendah.

1 komentar:

  1. Selamat mlm, dok saya seorang pengguna bahel. Saya telah menggunakan behel selama 6 thn. Saya baru sadar ternyata gigi belakang saya menghadap ke pipi, apakah msh bisa diperbaiki?

    BalasHapus