Selasa, 17 Januari 2017

Pasang kawat gigi atas saja ?

Sharing pengalaman praktek kawat gigi / ortodonti File #03

 

Hari ini saya akan menjelaskan hal yang sering ditanyakan ke saya melalui e-mail , yaitu  apakah bisa pasang kawat gigi hanya salah satu rahang saja?

Pada prinsipnya perawatan ortodontik atau kawat gigi bukan hanya menyusun gigi agar rapi tetapi juga harus berusaha menghasilkan gigitan yang baik. Oleh karena itu sangat jarang perawatan orthodontik hanya satu rahang saja.

Lain hal nya jika dalam rencana perawatan kawat gigi yang disusun oleh ortodontis awalnya menggunakan kawat gigi pada salah satu rahang terlebih dahulu, yang kemudian dilanjutkan dengan pemasangan kawat gigi yang bawah. Hal tersebut sangat mungkin terjadi, tapi hal ini sangat tergantung kasus gigi pasiennya dan anda sebagai pasien pasti juga akan diberitahu alasannya kenapa. Jika tidak diberitahu anda sebagai pasien berhak mempertanyakannya. Sebaiknya alasan biaya jangan menjadi alasan ingin merawat salah satu rahang saja. Jika diumpamakan, anda mengalami kecelakaan dan kedua kaki anda mengalami trauma yang satu patah tulang dan yang satu lagi hanya retak tulang sedikit apakah anda hanya ingin merawatkan yang patah saja?

Pasti anda akan bertanya, sangat jarang bukan berarti gak bisa khan dok? betul sekali, perawatan satu rahang bisa saja tetapi hanya pada kasus yang sangat ringan dan adanya perubahan susunan gigi tidak akan mempengaruhi gigitan antara gigi atas dan bawah

Oleh karena itu sebaiknya konsultasikan kasus gigi anda dengan ortodontis / dokter gigi spesialis kawat gigi dan pada saat diskusi hasil analisis gunakan kesempatan tersebut untuk benar-benar menanyakan rencana kasus anda secara detail. Untuk prosedur perawatan kawat gigi ada di thread berikut                                               Prosedur sebelum perawatan kawat gigi atau orto atau behel

 

6 komentar:

  1. Saya mau pasang behel tapi gigi yg atas aja
    Harga sekitar berapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya periksa terlebih dahulu saja mba, skalian saya bisa lihat kasus giginya seperti apa

      Hapus
  2. Kalau untuk atas bawah pemasangan behel berapa ya dok? Gigi saya bagian depan jarang.

    BalasHapus
  3. Dokter kalau pemasangan bahel itu waktu nya lama tidak?

    BalasHapus
  4. Dok pasang behel brpa y dok harganya

    ?

    BalasHapus
  5. Pasang behel atas bawah berapa dok

    BalasHapus