Kamis, 06 Oktober 2016

Penggunaan kawat gigi / behel / ortodontik pada ibu hamil


Kehamilan merupakan berkah dari Tuhan yang dititipkan ke seorang ibu. Dalam keluarga pasti menginginkan kesehatan yang baik bagi ibu dan bayi yang dikandungnya.

Sekarang kita coba membahas bagaimana perawatan kawat gigi pada ibu hamil.
Pada prinsipnya perawatan kawat gigi tidak bermasalah bagi ibu hamil tapi dengan catatan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Kebersihan gigi pada saat proses perawatan kawat gigi perlu dijaga. Pada ibu hamil adanya perubahan hormon pada tubuh terkadang memiliki efek meningkatnya gingivitis atau radang gusi. Jika kebersihan kurang pada saat perawatan kawat gigi dapat memperparah keadaan radang gusinya.

2. Pengaktifan kawat gigi atau tindakan mengencangkan kawat tidak dilakukan setiapkali kontrol , tetapi ada keadaan dimana kawat giginya harus bersifat pasif pada masa kehamilan tertentu sang ibu. Dan hal ini dokter gigi spesialis ortodonsia tidak jarang akan berkerja sama dengan dokter spesialis kandung untuk memberikan perawatan aman bagi ibu dan bayi dalam kandungan.

3. Pada ibu hamil sebaiknya permintaan foto ronsen di lakukan secara bijak dan jika perlu atas izin dokter kandungan yang menangani. Dilakukan jika memang benar-benar diperlukan.

4. Pada masa kehamilan kemungkinan akan mempengaruhi kecepatan pergerakan gigi hal ini disebabkan karena hormon dalam sang ibu yang berubah, tetapi hal ini tidak perlu di khawatirkan karena setelah melahirkan akan kembali normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar